Rabu, 02 Desember 2009

KALIMAT (Bahasa Indonesia)

Kalimat adalah satuan bahasa terkecil yang merupakan kesatuan pikiran. Dalam bahasa lisan kalimat diawali dan diakhiri dengan kesenyapan, dan dalam bahasa tulis diawali dengan huruf kapital dan diakhiri dengan tanda titik,tanda seru, atau tanda tanya.
Kalimat disusun berdasarkan unsur-unsur yang berupa kata,frasa,dan atau klausa. Jika disusun berdasarkan pengertia di atas, unsur-unsur tersebut mempunyai fungsi dan pengertian tertentu yang di sebut bagian kalimat. Ada bagian yang tidak dapat di hilangkan,ada pula bagian yang dapat dihilangkan. Bagian yang tidak dapat dihilangkan itu di sebut inti kalimat,sedang bagian yang dapat dihilangkan bukan inti kalimat. Bagian inti dapat membentuk kalimat dasar, dan bagian bukan inti dapat membentuk kalimat luas.

Unsur-unsur kalimat

Subjek
Subjek atau pokok kalimat merupakan unsur utama kalimat. Subjek menentukan kejelasan makna kalimat. Keberadaan subjek dalam kalimat berfungsi :
1. membentuk kalimat dasar, kalimat luas,kalimat tunggal,kalimat majemuk
2. memperjelas makna
3. menjadi pokok pikiran,
4. menegaskan (memfokuskan) makna
5. memperjelas pikiran ungkapan, dan
6. membentuk kesatuan pikiran

Predikat
Seperti halnya dengan subjek,predikat kalimat kebanyakan muncul secara eksplisit. Keberadaan predikat dalm kalimat berfungsi :
1. membentuk kalimat dasar,kalimat tunggal,kalimat luas,kalimat majemuk
2. menjadi unsurpenjelas, yaitu memperjelas pikiran atau gagasan yang di ungkapkan dan menentukan kejelasan makna kalimat,
3. menegaskan makna
4. membentuk kesatuan pikiran,dan
5. sebagai sebutan

Objek
Subjek dan predikat cenderung muncul secara eksplisit dalam kalimat, namun objek tidaklah demikian halnya.Kehadiran objek dalam kalimat bergantung pada jenis predikat kalimat serta ciri khas objek itu sendiri. Predikat kalimat yang berstatus transitif mempunyai objek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar