Kamis, 28 April 2011

Jurnal konvergensi PSAK ke IFRS

Jurnal Review

IFRS, US GAAP ATAU PERATURAN Rumania MEREKA DAPAT MENJADI SATU?

Cirstea Andreea
Universitatea Babe? Bolyai din Cluj-Napoca
Facultatea de? Tiin? E Economice? I Gestiunea Afacerilor
Cluj-Napoca, Rumania
Cirstea? Tefan Drago?
Universitatea Babe? Bolyai din Cluj-Napoca
Facultatea de? Tiin? E Economice? I Gestiunea Afacerilor
Cluj-Napoca, Rumania
Fulop Melinda Timea
Universitatea Babe? Bolyai din Cluj-Napoca
Facultatea de? Tiin? E Economice? I Gestiunea Afacerilor
Cluj-Napoca, Rumania

1. Abstraksi
Dalam periode ketika konvergensi adalah kekuatan pendorong utama dari program IASB dan FASB, yang membutuhkan perbandingan dua set standar-IFRS yang dikeluarkan oleh IASB dan US GAAP diterbitkan oleh FASB? Bukankah mereka terutama sama setelah 5 tahun kerja keras dari orang-orang yang mendirikan dua set standar? Jawabannya terletak pada fakta bahwa kebanyakan semua orang yang bekerja di perusahaan multinasional perusahaan harus memahami perbedaan ini antara kedua set standar. Kombinasi dari konvergensi standar nasional dengan IFRS dan penggunaan tindak lanjut standar IFRS akan berarti bahwa bahasa akuntansi dua dari seluruh dunia harus berkurang dengan cepat hanya untuk IFRS dan US GAAP. Meskipun dua set standar lebih dan lebih mirip satu sama lain, mereka tidak benar-benar identik-belum. Dan sampai mereka menjadi identik itu akan diperlukan untuk menyatakan secara jelas dan menjelaskan perbedaan-perbedaan yang ada di antara mereka.

Kata kunci: IFRS, US GAAP, konvergensi, peraturan Rumania
Klasifikasi JEL: M41

2. Pengantar
Konvergensi ini sebenarnya istilah yang mendefinisikan baik eliminasi atau asimilasi perbedaan dan itu merupakan prioritas utama yang ada baik di agenda AS Akuntansi Keuangan Dewan Standar (FASB) dan Dewan Standar Akuntansi Internasional (IASB). Namun demikian ada perbedaan besar antara US GAAP - dikeluarkan oleh FASB – dan Standar Pelaporan Keuangan Internasional (IFRS) yang dikeluarkan oleh IASB adalah topik dari banyak diskusi. Perbedaan ini menunjukkan bahwa kedua GAAPs terus menggunakan bahasa yang berbeda. Kontradiksi ini jelas membuat banyak orang bertanya pada diri sendiri bagaimana berbeda ini set standar dan di mana mereka memang ada, mengapa mereka ada dan kapan mereka akan menghilang? Bahkan jika standar AS dan internasional yang memang mengandung perbedaan-perbedaan, prinsip-prinsip umum, struktur konseptual dan hasil akuntansi yang di antara mereka yang paling besar kali sama
atau serupa, meskipun perbedaan tampaknya telah dibayangi kesamaan. Kami percaya bahwa analisis masalah ini tidak boleh melupakan fakta bahwa dua set standar lebih mirip daripada yang berbeda untuk sebagian besar transaksi, IFRS yang terutama tetapi tidak sepenuhnya didasarkan pada sama prinsip-prinsip sebagai US GAAP.

3. Sastra tinjauan
Ada berbagai menerbitkan statistik yang mengacu pada pentingnya kedua akuntansi tersebut peraturan: IFRS DAN US GAAP. Statistik ini direalisasikan oleh yang paling dikenal dan penting perusahaan audit dari seluruh dunia dan menunjukkan arti penting ini dua akuntansi peraturan, IFRS dan US GAAP, akuntansi sebagai bahasa dunia. Indikator dianalisis untuk mewujudkan statistik adalah: kapitalisasi pertukaran internasional dan kehadiran dalam daftar 500 perusahaan terbesar di world. Jadi, dari suatu kapitalisasi pertukaran internasional dari 36 USD575 triliun:
- 11 triliun USD sesuai dengan perusahaan yang mengadopsi IFRS sebagai pelaporan keuangan
sistem;
- 17 triliun USD sesuai dengan perusahaan yang mengadopsi US GAAP;
- 4 triliun USD sesuai dengan perusahaan yang menerapkan PSAK Jepang;
- Sisanya mengacu pada sistem akuntansi keuangan lain (Kanada, India).
Dan di antara perusahaan yang termasuk dalam Fortune 500, pada tahun 2005, 200 IFRS diterapkan, 176 diterapkan AS 81 GAAP dan GAAP diterapkan Jepang.

4. Metodologi
Karakter dari makalah ini adalah satu teoritis. Data dikumpulkan melalui analisa peraturan dan standar akuntansi seperti: Amerika, Internasional dan standar Rumania dan melalui mempelajari literatur yang ada mengenai perbedaan antara standar. Makalah ini memiliki dua bagian. Yang pertama adalah tentang pentingnya konvergensi untuk seluruh dunia dan yang kedua menyajikan perbandingan antara peraturan atau sistem akuntansi yang secara internasional yang relevan. Tentu saja, kami juga menekankan pentingnya dengan sistem akuntansi Rumania..

5. Proses konvergensi
Konvergensi mengacu pada aktivitas peraturan akuntansi menuju tujuan yang sama, terkemuka untuk kesimpulan ekonomis yang sama, tetapi pada saat yang sama kita bisa mengatakan bahwa itu merujuk pada munculnya kesamaan fungsional atau struktural antara sistem yang berbeda dari sudut pandangan doktrin akuntansi dan budaya mereka, sebagai akibat dari kondisi yang sama yang diberlakukan oleh globalisasi ekonomi. "Untuk bertemu" berarti mendapatkan untuk hasil yang sama atau ke titik yang sama. Untuk pemahaman yang lebih baik konsep ini yang sering digunakan dalam akuntansi, kita harus mulai dari titik pandang bahwa harmonisasi peraturan akuntansi yang sempurna tidak dapat mungkin, karena masing-masing sistem akuntansi dipengaruhi oleh ekonomi, keuangan, fiskal, sosial, hukum dan budaya variabel dari environment576. konvergensi ini berarti alignment untuk Akuntansi Internasional Peraturan, tanpa mengambil mereka kata demi kata. konvergensi ini mengacu pada seperangkat standar tunggal, dengan kemungkinan konformasi mereka dengan realitas nasional, yang dikeluarkan oleh perwakilan dari beberapa negara. Sebagai kesimpulan dapat kita katakan bahwa sistem akuntansi nasional harus menyesuaikan peraturan mereka untuk yang internasional (IFRS / IAS) atau hanya untuk membuat beberapa perubahan. Ada pendapat yang berbeda terkait dengan konvergensi. Ada banyak yang tidak mempertimbangkan kemungkinan untuk mencapai proses konvergensi tetapi ada orang lain juga yang melihatnya mungkin. Mereka yang tidak melihat kemungkinan pencapaian konvergensi dan hanya melihat hambatan adalah pesimis yang meragukan kesempatan mengadopsi peraturan akuntansi internasional yang mungkin telah meyakinkan konvergensi. Argumen yang mereka bawa adalah beberapa realitas bahwa sistem akuntansi yang berbeda yang dihadapi dengan: kesulitan dan waktu dalam memperbaiki beberapa kesalahan pemerintah, kekurangan etis, akuntansi skandal Kategori lain akan terbentuk dari orang-orang yang percaya pada utilitas dan kemungkinan pencapaian proses ini dan ini akan menjadi optimis. Argumen utama yang dibawa oleh are577 ini, 578:
- Para investor dan analis keuangan dapat memahami situasi keuangan perusahaan asing;
- Aliran sumber daya untuk merampingkan investor internasional;
- Perusahaan multinasional dapat dengan mudah menetapkan rekening stabil;
- Otoritas pajak dapat mengukur dengan cara yang lebih mudah pajak keuntungan yang dimiliki oleh perusahaan asing;
- Perusahaan di seluruh dunia dapat menentukan posisi strategis mereka dalam sektor kegiatan mereka.
Kami menganggap bahwa upaya besar yang dibuat untuk mencapai proses konvergensi dan kita berpikir bahwa ini
Proses direalisasikan pada 3 dimensi:
- Konvergensi antara FASB dan IASB;
- Konvergensi antara IAS dan peraturan daerah;
- Konvergensi antara standar regional dan nasional.
Kami masih menunggu dan melihat berapa lama proses konvergensi akan berlangsung dan jika akan akhirnya tercapai.

6. Perbedaan antara peraturan akuntansi: IAS / IFRS, US GAAP dan Peraturan Rumania
FASB dimulai pada tahun 1995 sebuah proyek dengan kepentingan khusus untuk akuntansi internasional, yaitu studi perbandingan antara IAS dan US GAAP. Tujuan dari proyek ini adalah bahwa menawarkan informasi yang diperlukan untuk menghargai penerimaan IAS untuk bursa saham kutipan dari perusahaan non-Amerika di pasar modal dari Amerika Serikat. Perbedaan-perbedaan ini telah dan masih dibahas oleh IASB selama pertemuan tersebut. Perbedaan yang ditetapkan oleh proyek FASB itu merujuk kepada 5 kategori, yaitu:
- Metode akuntansi dan modalitas aplikasi yang serupa, dengan menyebutkan bahwa "tidak serupa
berarti "sama, dalam kategori ini termasuk 56 dari 255 perbedaan ditinjau;
- Metode akuntansi yang sama, namun modalitas aplikasi yang berbeda: tidak ada panduan untuk
penerapan standar, dalam kategori ini termasuk 79 dari kasus;
- Metode akuntansi yang berbeda, dalam kategori ini termasuk 56 dari kasus;
- Ada metode yang lebih diperbolehkan alternatif atau ada masalah yang diperlakukan oleh salah satu
standar tetapi tidak oleh yang lain, dalam kategori ini termasuk 64 dari kasus. Meskipun di awal, bahkan tidak perusahaan akuntansi besar setuju bahwa perusahaan asing harus menyajikan situasi keuangan diterbitkan sesuai dengan IAS? IFRS, tanpa rekonsiliasi dengan American peraturan US GAAP, perlahan-lahan mereka mulai mengubah pendapat mereka dan mereka bergabung dengan Proses konvergensi antara dua jenis peraturan. Oleh karena itu, beberapa perusahaan akuntansi terbesar (PriceWaterhouseCoopers dan Delloite & Touche) melakukan beberapa studi di mana mereka menganalisis perbedaan yang ada antara IAS dan standar nasional beberapa negara mereka dianggap sebagai strategis dari sudut pandang investasi. Di antara negara-negara ini kita bisa menyebutkan: Belanda, Republik Ceko, Swiss, Inggris, Hong Kong, China dan lain-lain. Selain itu, perusahaan-perusahaan penasehat menunjukkan minat dan keterlibatan mereka dalam mengidentifikasi perbedaan antara US GAAP dan IAS, IFRS masing. Sepanjang tahun terakhir, bunga dalam menganalisis perbedaan antara IAS / IFRS dan US GAAP konstan. Biasanya, metodologi penelitian perbedaan ini adalah sederhana dan terdiri dalam membandingkan persyaratan standar yang dikeluarkan oleh IASB dengan yang Amerika. Ini mungkin kesimpulan tepat waktu dan disertai oleh beberapa penjelasan atau mereka dapat peduli dengan tematik, di mana perbedaan antara praktik akuntansi yang lebih jelas. Tentu saja, perbedaan-perbedaan antara IFRS dan US GAAP tidak mewakili keseluruhan dari perbedaan yang ada antara peraturan karena sering kali perbedaan-perbedaan ini tergantung pada industri di mana entitas merupakan bagian dari, pada sifat ekonomis kegiatan entitas serta pada kebijakan akuntansi yang diterapkan oleh entitas tersebut. Studi-studi perbandingan antara dua peraturan akuntansi yang tidak mengandung semua perbedaan yang ada di antara mereka, namun sebagian besar prihatin dengan perbedaan yang paling sering ditemukan dalam praktek. Oleh karena itu, dalam tabel berikut kita akan mencoba untuk menyajikan kesamaan yang paling penting dan perbedaan antara ketiga regulations579.

7. Kesimpulan
Tidak ada bagian dari pekerjaan yang menarik suatu perbandingan antara dua set besar standar akuntansi dapat mencakup semua perbedaan yang mungkin muncul dalam akuntansi karena banyaknya transaksi yang mungkin akan terjadi. Adanya perbedaan - dan perwujudan mereka di keuangan situasi entitas - tergantung pada berbagai faktor tertentu termasuk sifat dari entitas tersebut, interpretasi dari prinsip-prinsip IFRS umum, praktik industri dan pilihan akuntansi politik di mana US GAAP dan IFRS menawarkan solusi. Sepanjang kerja ini saya sudah mencoba pendekatan perbedaan yang muncul terutama dalam praktek ini.

8. Komentar
IASB dan pendahulunya Internasional Komite Standar Akuntansi (IASC) memiliki kesempatan untuk menggunakan pemikiran standar setter dari seluruh dunia. Akibatnya standar internasional mengandung unsur standar akuntansi dari berbagai negara. Bahkan di mana sebuah standar internasional sebagainya titik awal standar yang ada di AS, IASB dapat meningkatkan standar itu. Melalui ini tindakan IASB bisa menghindari beberapa masalah yang muncul dalam standar FASB. Selain itu, sebagai bagian dari tahunan Proyek Perbaikan, IASB merevisi standar yang sudah ada dalam rangka meningkatkan kejelasan dan konsistensi dan mengambil keuntungan lagi dari praktek ini. Karena untuk alasan ini, beberapa perbedaan antara US GAAP dan IFRS mengacu pada standar berarti, mereka sengaja penyimpangan dari persyaratan AS. Sebagai aturan umum, standar IFRS yang lebih luas dan didasarkan pada prinsip dibandingkan dengan yang berasal dari AS. Dihindari IASB menerbitkan interpretasi standar sendiri dan lebih suka meninggalkan pelaksanaan prinsip-prinsip yang termasuk dalam standar kepada penyusun dan auditor dan badan resminya, Pelaporan Keuangan Internasional Interpretasi Komite. Sementara standar AS berisi prinsip-prinsip penting, yang kuat peraturan dan hukum lingkungan dari pasar AS menyebabkan pendekatan yang lebih normatif – dengan jauh lebih garis yang jelas, lebih implementasi saran sugestif dan interpretasi yang lebih kompleks. Sebagai aturan umum, standar IFRS yang lebih luas dan berbasis prinsip dari mereka di AS rekan-rekan, dengan bimbingan interpretatif terbatas. Yang IASB umumnya dihindari menerbitkan interpretasi standar sendiri, memilih untuk bukan meninggalkan penerapan prinsip-prinsip dalam standar untuk penyusun dan auditor, serta resmi interpretif tubuh, Pelaporan Keuangan Internasional Komite Interpretasi. Sementara standar AS berisi prinsip-prinsip yang mendasari yang kuat peraturan dan lingkungan hukum di pasar AS telah menghasilkan pendekatan yang lebih preskriptif - dengan jauh lebih Terang, implementasi bimbingan komprehensif, dan interpretasi industri.

9. Bibliografi
1. Cristea S., Armonizarea contabil? internasional? ional? i practicile? contabile na? ionale. Studiu de Caz
pentru Rumania i Italia,? Editura Accent, 2007
2. Gernon H., Meek G., Akuntansi - perspektif internasional, McGraw-Hill International
Edisi, 2001
3. Obert R., pratique des normes IAS / IFRS, Ed. Dunod, Paris, 2004
4.Palich LE, Gomez-Mejia LR, Sebuah teori strategi global dan effiencies perusahaan: mempertimbangkan
efek dari keanekaragaman budaya, Jurnal Manajemen, Vol. 25, no. 4
5. www.pwc.ro
6. www.deloitte.com
7. www.kpmg.com
8. www.ey.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar